Desember 06, 2008

FOTOKOPI vs FOTOCOPY

Kalau sebelumnya saya pernah ngoceh sedikit tentang Bahasa Jawa, sekarang saya juga ingin ngoceh tentang bahasa lagi, Kali ini bahasa nasional, Bahasa Indonesia.

Langsung saja ke pokok permasalahan. Menurut saya, Bahasa Indonesia ini meskipun masih terjamin penggunaannya tetapi kayaknya udah sekarat. Gimana nggak, pemuda-pemuda (bahkan orang tua) malah lebih bangga menggunakan kata dalam istilah asing, padahal padanan katanya sudah ada dalam Bahasa Indonesia.

Contohnya aja Fotokopi. Pasti jarang yang mau menulis menggunakan kata itu karena lebih memilih kata yang lebih “keren”, yaitu Fotocopy. Kebetulan saya punya rental kecil-kecilan di rumah, dan ketika ada seseorang meminta untuk diketikkan (formatnya sudah dia buat sendiri) surat lamaran pekerjaan. Seperti biasa, pasti ada kata fotokopi dan lain sebagainya.

Nah, ketika saya cetak dan dibaca oleh sang pelanggan, dia nggak mau dan minta dicetak ulang dan semua kata Fotokopi harus diganti dengan kata Fotocopy. Waktu saya tanya kenapa, dia menjawab nanti bisa salah paham, dan nggak keren katanya.

Waduh, kata-kata asing yang udah ada padanannya dalam Bahasa Indonesia aja masih dipakai dalam bentuk aslinya. Gimana kata-kata asli dari Indonesia-nya? Pasti udah pada hancur tuh! Ayo dong, pemuda Indonesia. Jaga dan lestarikan bahasa kita dengan baik. Pakai bahasa gaul sih boleh, tapi ya harus tahu bahasa resminya donk! Masa’ nulis fotokopi dengan baik dan benar aja nggak bisa? Sebetulnya masih ada contoh yang lain, cuma saya lupa .... hehehe ...

Kesimpulannya, Jangan seperti yang sudah-sudah. Masih ingat donk, ketika kebudayaan kita (seperti Reog Ponorogo dan lagu Rasa Sayange) akan direbut, hampir seluruh masyarakat demo sambil teriak-teriak mengutuk Malaysia dan membuat jalanan macet. Emangnya sebelum kebudayaan kita mau direbut itu, kita pernah menjaganya dengan baik? Jangan mau ambil enaknya aja donk!

1 komentar:

Shara Sherenia mengatakan...

Yah...gini2 ren juga masih suka nulis fotokopi kok :D lebih singkat, ga ribet XP